About

CONTOH PENULISAN BAB PENDAHULUAN UNTUK TUGAS AKHIR DAN SKRIPSI

BAB I
PENDAHULUAN

1.1.Latar belakang
Perkembangan zaman sekarang ini sistem infomasi dengan memanfaatkan teknologi komputer yang canggih akan sangat berguna untuk memudahkan pengolahan data sehingga dapat menghemat waktu, ruang dan biaya. Serta hasil yang diharapkan akan sangat membantu bagi suatu lembaga atau instansi yang menggunakan sistem informasi tersebut, yaitu saalah satunya adalah lembaga instansi rumah sakit. Pengolahan data yang cepat, tepat dan akurat akan sangat membantu untuk menunjang kinerja dan pelayanan pada rumah sakit.
Dengan adanya sistem informasi dalam suatu instansi rumah sakit, proses pengolahan data pasien, dan pelayanan lain seperti pelayanan kamar rawat inap dan apotek bisa dipermudah dengan adanya sistem informasi ini. Untuk membangun sistem infomasi tersebut, maka dibutuhkan suatu perancangan sistem untuk mengolah data pelayanan terhadap pasien agar data yang dihasilkan nantinya lenbih terperinci dan berguna. Dengan dibentuknya sistem infomasi ini, cara kerja yang sebelumnya manual dapat dirubah dengan sistem yang lebih canggih, tepat dan berdaya guna. Serta dapat mewujudkan prosedur kerja yang baik dan kegiatan kerja yang lebih kondusif.
1.2.Permasalahan
Dengan melihat permasalahan yang dihadapi oleh instansi rumah sakit dalam memberikan suatu layanan yang baik untuk masyarakat, dapat disimpulkan beberapa hal penting yang menjadi masalah dalam pengelolaan instansi rumah sakit. Beberapa hal masalah diantaranya :
1.  Lemahnya sistem manajemen yang mengakibatkan terjadinya inefisiensi dan penurunan kinerja operasional.
2.  Sistem informasi yang telah ada belum dapat mengakomodasi kebutuhan akan pengambilan keputusan.
3.   Kurangnya sumber daya manusia yang mampu mengelola dan mengembangkan aplikasi yang dibutuhkan.


1.3.Batasan masalah
Penulis membatasi masalah dengan membuat sebuah sistem yang akan digunakan untuk pengolahan data administrasi dan pelayanan pelanggan. Perancangan dan pembangunan aplikasi yang akan digunakan menggunakan bahasa pemrograman Pascal, Lazarus IDE dan MySQL, sehingga aplikasi yang dihasilkan akan lebih mudah dipahami dan digunakan karena antarmuka pengguna yang menggunakan metoda interaksi secara grafis (bukan perintah teks) antara pengguna dan komputer.

1.4.Tujuan penelitian
Adapun tujuan penilitian ini adalah :
1.  Menghasilkan sistem infomasi administrasi pada rumah sakit yang akan digunakan untuk mempermudah pelayanan dan administrasi.
2.  Meningkatkan produktifitas dan efektifitas kerja pegawai dengan memanfaatkan teknologi komputer, sehingga visi dan misi rumah sakit tersebut bisa tercapai.

1.5.Manfaat penelitian
1.  Untuk pengembangan keilmuan dibidang informatika dan kesehatan.
2.  Untuk memperluas wawasan terhadap perkembangan teknologi dan sistem informasi.
3.  Dapat memperkaya konsep atau teori yang menyokong perkembangan ilmu pengetahuan, khususnya yang terkait dengan pengaruh motivasi kerja dan kompetensi terhadap kinerja rumah sakit.
4.  Dapat memberikan masukan yang berarti bagi rumah sakit untuk meningkatkan kinerja pegawai dan pelayanan terhadap masyarakat.

1.6. Metodologi penelitian
Dalam menyusun penelitian ini, penulis berusaha mengumpulkan data guna menyusun karya ilmiah ini. Adapun metode yang digunakan dalam mendapatkan data-data adalah sebagai berikut :
1.  Observasi atau pengamatan langsung ke objek penelitian guna memperoleh data dan gambaran serta keterangan terhadap sistem yang berjalan.

2.  Wawancara penulis langsung dengan pimpinan dan karyawan/i rumah sakit guna mendapatkan data-data dan keterangan yang diperlukan.
CONTOH PENULISAN BAB PENDAHULUAN UNTUK TUGAS AKHIR DAN SKRIPSI CONTOH PENULISAN BAB PENDAHULUAN UNTUK TUGAS AKHIR DAN SKRIPSI Reviewed by Unknown on 20.19.00 Rating: 5

Tidak ada komentar: